A.
Pengertian Ta’ajjub.
هو استعظا م زيا دة في وصف الفا عل
خفي سببها
Ta’ajub adalah Memperbesar kelebihan pada sifat fa’il yang
penyebabnya masih samar.
التعجب هو عبا رة اسلوب الشخص عند ماىر رىد أن يعبر عن
شعو ره بعظمة شي رآه وشا هدهُ ، ولكن يظهر مدى
إعجابه فيستعمل اسلوباً معيّناً ويسمى بأسلوب ااتعجب
Ta’jub
adalah suatu ungkapan yang digunakan yang khusus ketika kita ingin
menggambarkan tentang perasaan, membesarkan sesuatu yang dilihat dan disaksikan.
Ta’ajub
Mempunyai dua bentuk Wazan, yaitu ما اَ فْعَلَ + اَفْعِل به.
B.
Rukun ta’ajjub.
1. ما
التعجب.
2. فعل
التعجب.
3. مؤ
التعجب منه
C.
Syarat ta’ajjub
1. Harus menyandar antara “ما التعجب” dengan “ فعل
التعجب”.
2. harus berupa فعل الثلاثي.
3. Asal pokok مؤ التعجب منه wajib معر فة , ilatnya فعل الثلاثي faa
idah.
D.
Pembagian فعل التعجب
Pembagian فعل
التعجبada dua yaitu :
1. التعجب
ذاتي yaitu bilamana التعجب mengikuti wazan ما اَ فْعَلَ dan
اَفْعِل به
Contoh ما اَ فْعَلَ :
زَيْدًا ما اَ
فْعَلَ = Alangkah
cekatannya si zaid.
ما اَحْسَنَ زَيْدًا =
Alangkah baiknya si Zaid.
ماadalah مبتدأ bermakna
شئ (sesuatu) yang besar, dan اَفْعَلadalah فِعِل
ماض sedangkan فاعلadalahضمير .
Contoh اَفْعِل + به :
اَفْعِل بِزَ يْدِا = Alangkah celakatannya si zaid.
أَحْسِنْ بِزَيْدِا = Alangkah baiknya si zaid.
أَكْرِمْ بِهِ = Alangkah mulianya dia.
اَفْعلِ adalah فاعل yang berbentuk امر tetapi
maknanya adalah التعجب dan
didalamnya tidak mengandung ضمير
2. التعجب ارضي yaitu التعجب yang keluar dari
wazanفَعَلَ dipindahkan
ke wazan فَعُلَ.
E.
Kaidah-kaidah dalam Ta’ajjub
1. Bilamana akan menjadikan فعل
التعجب samakan saja kepada wazan ما اَفْعَل
Contoh :
ما أفعل زيدا = Alangkah
baiknya si zaid.
مَا افْضَلَهَ وَ مَا
اعْلَمَهَ = Alangkah utamanya dia dan alangkah alimnya dia
ماadalah مبتدأ bermakna sesuatu , dan اَ فْعَلَ adalah fi’il madhi ( الثلاثي المجرَد ), sedangkan فاعل -nya adalah ضمير مستتر, sedangkan yang kembali kepada ما dan isim yg
dinashabkan ialah مؤ
التعجب منهyang berkedudukan sebagaiمفعول
به , sedangkan jumlah semuanya merupakan خبرdari ما.
2. samakan saja kepada wazan اَفْعِل
به , setelah kalimat yang dijarkan oleh باziyadah.
Contoh :
اَفْعِل بِزَ يْد = Alangkah baiknya si zaid.
أَكْرِمْ
بِهِ = Alangkah
mulianya dia
Lafaz اَفْعِل adalah فعلyang lafaznya
berbentuk امر tetapi maknanya adalah التعجب (bukan perintah), dan di dalamnya tidak mengandung ضمير. Sedangkan فا عل-nya adalah با Ziyadah.
Bentuk
asal kalimah
اَحْسِنْ بزَيْدِ ialahاَحْسَنَ زَيدًا (Si
Zaed menjadi orang yg baik) kemudian bentuknya diubah menjadi bentuk amar, maka
dianggap tidak baik bila secara langsung disandarkan kepada اسم ضمير , untuk itulah maka ditambahkan
huruf با
pada فاعل.
3. Kalimat yang menyandar kepada فعل التعجب wazanما اَفْعَلَ maka harus dinashabkan. Contoh ما اَحْسَنَ زَيْدًا .
Adapun
kalimah yang menyandar kepadaفعل التعجب wazan اَفْعِلْ, maka kalimat itu jar-kan olehبا حرف جرzaidah.
Contoh
: أَحْسِنْ
بِزَيْدِا Alangkah
baiknya si zaid
4. Adapun perkara فعل التعجب , ketikaفعل Itu apabila ada dalil boleh dibuang, masih ditetapkan فعل
التعجب .
5. Adapun perkaraفعل التعجب , baik
wazanاَفْعَلَ ataupun wazanاَفْعِلْ , maka فعل itu dicegah keduanya dari التصريف
( tidak bisa di tashrif ), meskipun mulanya menerima التصر يف.
6. Syarat-syarat Apabila hendak membuat
فعل التعجب terdapat tujuh macam hal yaitu :
1. Harus فعل
ثلاثي.
2. Harus menerima التصر يف.
3. Harus ada makna فعل itu yang menerima pada saling melebihkan.
4. فعل harus تم فعل .
5. فعل jangan
منف(negatif).
6. Tidak boleh فعل yang
mempunyai shegat sama kepada wazanاَفْعَلَ .
7. Dan فعل tidak
boleh yang مجحل(pasif).
Contoh
فعل
التعجب yang memenuhi persyaratan seperti ini :
ما اَحْسَنَ زَيْدًا = Alangkah baiknya si zaid
Bilamana
terdapat فعل kosong dari sebagian syarat, maka فعل
التعجب itu
apabila dijadikan gantikan saja oleh lafadh أَكْرِمْ atau
lafadh اَكْرَم. Kemudian dijadikan .مسدر 7. فعل yang kosong dari setengahnya syarat itu,bacanya
harus “Dinashabkan”.
Contoh زَيْدًا
ما اَ فْعَلَ atau اَفْعِلْ
بِزَيْدِاLafadh اَفْعِل wajib dijarkan olehبا zaidah مسدر itu.
8. Bilamana ada فعلkosong dari
sebagian syarat, tetapi tetap dijadikan فعل التعجب, tapi tidak digantikan oleh lafadh أسْعَدَtidak digantikan oleh
lafadh
أسْعِدِّ dan tidak digantikan oleh lafadh “Syibahahnya”, maka فعل itu hukumnya “Langka”, tegasnya “Samaa’i”,
jangan diqiyaskan.
9. Adapun perkara مؤ مل ما فعل التعجب , maka فعل itu tidak boleh didahulukan,
Contohnya yaitu :
1. ما
اَحْسَنَ زَيْدًا tidak boleh dibaca “اَحْسَنَ ما
زَيْدًا”,
2. أحسِنْ بزيدٍ tidak boleh dibaca بزَيْدِا
اَحْسِنْ Ilatnya
“Liannaha min adawaatil ibtida-i”.
10. Adapun perkara فعل
التعجب dengan مؤ مل dipisah olehحرفى الجر , atau ظرف (keterangan
waktu atau tempat), maka فعل itu hukumnya Menurut sebagian ulama’ “Jamaatu
Nahwiyyin” serta Imam Ajjurumie, boleh dipisah dengan atau ور) ظرف .(الجر مجرMenurut
sebagian lagi tidak boleh, yaitu menurut Imam Akhfasy dan Imam Mubarrod.
Contohnya
adalah :)
ما اَحْسَنَ هَذَا لِغَاحَاAduh alangkah bagusnya pada waktu
susah menemui kekasih( Adapun ilatnya kenapa boleh dipisah dengan ظرف dan
الجر مجرور
Karena sesungguhnya
dhorof dan jar-majrur tidak dihitung sebagai yang memisahkan.